Saturday

Cara Jitu Mengatur Furnitur pada Rumah Mungil

Menata interior pada rumah kecil bisa dibilang gampang-gampang susah. Rumahnya memang kecil tetapi aktivitas yang terjadi dan kebutuhan tetap saja sama, dimulai dari bangun tidur sampai akan tidur lagi. Ukuran ruangan pun dibuat sesuai dengan kebutuhan, semua dihitung pas tidak lebih, malah terkadang ruangan agak dipersempit. Sehingga dibutuhkan siasat jitu untuk memilih furniturnya.

Tetapi Anda jangan khawatir, dengan ruangan yang kecil bisa dihadirkan semua furnitur sesuai kebutuhan. Seperti perencanaan furnitur pada kamar tidur anak, beberapa fungsi furnitur dapat dijadikan satu, seperti tempat tidur yang berupa dipan dan bagian bawahnya terdapat laci-laci untuk meletakkan pakaian yang terlipat. Begitu juga untuk meja belajar, Anda dapat membuat list barang yang akan diletakkan pada meja belajar tersebut.

Apalagi putra atau putri Anda memiliki barang kesayangan yang akan di-display, maka Anda dapat merencanakannya pada meja belajar tersebut. Perlu diingat dalam merencanakan bentuk furnitur tersebut, selain kebutuhan juga pemakai, ukuran dan materialnya. Pikirkan kembali membeli furnitur yang sudah jadi, biasanya tidak sesuai dengan ukuran ruang yang ada.

Pembuatan yang masal tidak menjadikan furnitur ini eksklusif, artinya bentuk dan ukuran furnitur jenis ini mudah didapat yang menggunakan ukuran standard yang diharapkan dapat menempati sembarang ukuran ruang. Furnitur jenis ini tidak buruk, tetapi kurang tepat untuk rumah kecil yang butuh siasat jitu.

1. Compact, beberapa fungsi furnitur dapat dijadikan satu, menjadi furnitur yang compact. Untuk itu Anda dapatmerencanakanfungsi furnitur yang akan dijadikan satu, serta kebutuhan yang akan ditampung pada furnitur tersebut.
2. Keamanan fisik, merencanakan furnitur perlu dipikirkan keamanan pemakai. Contohnya ketinggian meja belajar disesuaikan dengan penggunanya, jangan sampai meja belajar yang terlalu tinggi akan mengakibatkan putra atau putri Anda terjatuh.
3. Kenyamanan, furnitur yang sudah jadi harus nyaman digunakan. Contohnya meja belajar anak, yang sudutnya terlalul ancip dan terbuat dari material yang tajam. Selain tidak nyaman juga tidak aman digunakan oleh putra putri Anda.
4. Ukuran, furnitur sesuai dengan ukuran ruang yang ada, biasanya furnitur ini dipesan, sehingga ukuran furnitur terhadap ruang perlu dipertimbangkan. Pengukuran yang kurang tepat, akan menimbulkan kekecewaan bahkan mubazir, karena furnitur sama sekali tidak dapat digunakan.
5. Material yang awet, material furnitur yang awet bila ada pemakaian spesifikasi material yang tepat. Contohnya penggunaan material tahan panas digunakan pada table top kitchen set.
6. Material aman dari bahan kimia berbahaya, beberapa material mengandung bahan kimia berbahaya untuk kesehatan, apalagi bagi anak-anak. Penawaran material dari workshop furnitur, dipertimbangkan dan dipelajari lebih dahulu. Lebih baik agak mahal sedikit tetapi aman untuk kesehatan dan awet.
7. Pengawasan, tentu hasil furnitur yang rapi akan memberikan kepuasan tersendiri baik untuk Anda sebagai pemesan dan juga pemilik workshop. Anda dapat langsung melihat proses pembuatannya di workshop, pastikan furnitur dikerjakan dengan baik.

Artikel Terkait

1 comment:

Please provide comments relating to the article...