Sunday

Cara Mengganti Ubin yang Rusak

Cara mengganti ubin yang rusak bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya Anda bisa menggantinya dengan yang baru. Hal ini dapat dilakukan dengan cepat tanpa harus merusak ubin yang ada di sekitarnya.

Akan tetapi sebelum mengganti ubin yang rusak, pastikan Anda udah membeli ubin pengganti dengan ukuran yang pas dan memiliki warna yang serupa dengan ubin di sekitarnya. Berikut cara mengganti ubin yang rusak atau pecah, seperti dikutip dari Ehow, Sabtu (23/6/2012).

Cara Menggantinya:

1. Plester bagian tepi ubin yang ada di sekitar ubin yang rusak guna melindungi mereka selama Anda mengganti ubin. Pastikan Anda memplester ubin sekitar, dan bukan adonan semen perekat ubin (grout). Pasalnya, Anda akan mengganti ubin yang rusak lengkap dengan grout.

2. Pasang sebuah paku di tengah ubin yang rusak dan gunakan palu untuk memaku. Ini akan meretakkan ubin yang rusak, namun tidak merusak ubin di dekatnya. Anda pun mudah untuk menggantinya.

3. Tempatkan pahat di bagian tengah ubin yang rusak, atau jika dari badan Anda berada di posisi 45 derajat. Pukul pahat menggunakan palu, biarkan ubin pecah mulai dari bagian tengah-tepi hingga bagian dalam. Pecahkan ubin yang rusak hingga ke tepi ubin di sekitarnya.

4. Oleskan lapisan tipis adonan mortar ke bagian belakang ubin pengganti menggunakan sekop. Aplikasikan mortar secukupnya pada bagian belakang ubin, hingga lapisan ini muncul di sekitar tepi ubin saat ditekan. Pasang ubin dengan menyisakan bagian kiri dan pasang ubin di tempatnya dan tekan hingga dirasa pas. Biarkan semalaman hingga mortar mengering.

5. Sesudah kering, oleskan adonan semen perekat ke ubin dengan mengaplikasikannya, mulai dari tepi hingga bagian atas, menggunakan alat bantu berupa sekop. Alat bantu dengan alas datar ini berfungsi mendorong semen ke tempatnya dan memasukkannya ke bagian tepi ubin. Selain itu, alat bantu berfungsi menghapus kelebihan grout dari permukaan ubin.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

Please provide comments relating to the article...